Cara melawan rasa malas


Apa kamu merasa bahwa kamu adalah orang yang malas? Orang dengan kepribadian bahwa apa yang ingin kamu lakukan selalu terhambat dengan kata malas. Seolah malas sudah menjadi zona nyaman kamu. Dan kamu sangat bingung, bagaimana cara agar keluar dari zona nyaman dan mencari-cari kegiatan agar menghilangkan rasa malas kamu? Mungkin pernyataan yang dipaparkan dibawah ini akan mejadi sumber jawaban dari pertanyaan kamu untuk menghilangkan rasa malas itu sendiri

.Image result for malas

Malas itu sifat manusiawi, malas itu wajar dan malas itupun bisa menjadi penyakit. Tidak ada orang yang tidak pernah sekalipun merasakan malas. Serajinnya orang pasti ada di suatu titik, dimana ia mulai merasa malas. Tapi beda halnya ketika malas sudah melekat pada diri. Mau belajar malas, mau keluar cari makan malas, bahkan gerak saja bisa malas. Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena orang tersebut sudah terlalu nyaman dengan gaya hidupnya. Ketika seseorang sudah terbiasa mengikuti hawa malasnnya maka kebiasaan itu berdampak pada kesehariannya. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa malas?

  • Pikirkan dengan matang, kamu ingin menjadi apa di dunia ini.


Ketika kita sudah memikirkan tujuan hidup untuk kedepannya, maka sebenarnya kita tahu apa yang harus kita lakukan untuk meraih tujuan tersebut. Dan itu bisa menjadikan rasa malas tersebut dapat berkurang karena ketika kamu berpikir maka kamu akan mendapatkan bagaimana action untuk mendapatkan tujuan tersebut.

  • Jangan mau hidup seperti air yang mengalir.

Hidup seperti air yang mengalir itu seperti hidup yang menerima segala pemberian Tuhan kepada kita, bukan berarti tidak baik. Namun itu berarti bahwa kamu tidak mempunyai tujuan dan kamu lebih memilih hidup santai dan tidak terarah. Bukankah lebih enak, ketika arahan tersebut kita yang membuatnya, maka hiduplah seperti apa yang kamu inginkan. Bahkan dalam ayat Al-Qur’an dikatakan “Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang mengubah nasibnya”.

  • .      Cari Motivasi

Carilah motivasi didunia ini. Bisa itu Orang tua, kakak, adik, saudara, sahabat, pasangan, para tokoh dan orang lainnya yang membuat hati kamu tergerak untuk melakukan sesuatu. Ketika seseorang sudah mendapatkan motivasi, maka orang tersebut mempunyai energi untuk melakukan tindakan. Seperti halnya orang tua, yang susah payah mencari uang demi pendidikan anaknya. Maka itu bisa menjadi motivasi yang besar. Carilah motivasi yang bisa membuat kamu menjadi lebih baik dan sukses.

  • .      Beranilah untuk keluar dari zona nyaman.

Keluar dari zona nyaman memanglah hal yang sulit. Karena pasti disana akan merasakan hal yang bertabrakan dari hal yang biasanya. Yang tadinya nyaman berubah menjadi tidak nyaman. keluar dari zona nyaman itu perlu, bahkan harus. Karena itu dapat mengukur sejauh mana kita merasakan hidup dan berkembang. Ketika kamu memutuskan untuk tidak keluar dari zona nyaman mu, maka lingkup hidup mu akan berputar pada waktu yang itu-itu saja. Kemonotonan hidup tidak akan membuahkan hasil. Maka dari itu keluar dari zona nyaman itu mesti dilakukan, dan hal ini akan berdampak kepada kehidupan kamu, yang tadinya malas bisa berubah menjadi rajin. Karena kamu tahu, ketika keluar dari zona nyaman kamu, berarti hidup kamu tak lagi sia-sia. Pastinya keluarlah ke hal yang lebih positif dan produktif untuk diri kamu sendiri.

  • “Kalau hidup sekedar hidup babi di hutan juga hidup. Kalau bekerja sekedar bekerja, kera juga bekerja” – Buya Hamka.

Baca dan pahami maksud dari perkataan Buya Hamka tersebut. “Kalu hidup sekedar hidup babi di hutan juga hidup” bukankah ketika orang yang malas, dia itu hidup akan tetapi hidupnya tak tahu harus dibawa kemana. Dan itulah yang dimaksud sekedar hidup. Hidup yang tidak memiliki tujuan, hidup yang bermalas-malasan. Maka ini bisa menjadi quote penyemangat kamu, kalau perlu tempel semua quote penyemangat di dinding agar kamu tidak mudah lupa dengan tujuan dan pastinya terhindar dari rasa malas.

  • .      Buatlah To – Do List

To – Do List disini ialah daftar kegiatan yang ingin kamu lakukan. Buat lah kegiatan dalam perharinya, agar kamu jelas dan tidak bingung, apa yang ingin kamu lakukan. Ini sangat penting, karena malas itu juga disebabkan kamu tidak tahu harus berbuat apa. Dan membuat to- do list juga akan mendekatkan kamu pada tujuan kamu. Yang jelas hal ini harus dilakukan. seperti halnya orang yang ingin jago Bahasa inggris, maka ia membuat to-do list berbicara Bahasa inggris setiap harinya, dan ia praktikan hal tersebut. Membuat daftar semacam ini sangat berguna untuk menghindarkan hal-hal yang mendekati rasa malas seperti, tidur yang berlebihan, dan pekerjaan yang tidak membuat diri kamu produktif.

Dan itu adalah beberapa saran agar kamu terhindar dan tahu apa yang harus kamu lakukan ketika kamu ingin berjuang melawan rasa malas. Malas itu memang benar-benar berbahaya dan buruk. Tahu kenapa rata-rata orang menganggur? Karena adanya sifat malas untuk mencari pekerjaan, dan hal tersebut banyak terjadi di Indonesia. Memang ketika malas sudah terbiasa dalam diri, maka sudah dipastikan akan melalui proses yang panjang untuk menjauhkan rasa malas tersebut. Malas itu bukan berarti diam da tidak bisa apa-apa, malas itu berarti tidak tahu tujuan, dan bingung harus apa.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jumpa pembuat 6 stiker #kindcomments di Instagram

Apa aku pandai bersandiwara di dunia ini?

Pemalas